Selasa, 10 November 2015

UKG 2015 SUDAH KULALUI

Assalamu'alaikum, kali ini bu Linna akan cerita tentang pengalaman hari ini yaitu pelaksanaan UKG. UKG kepanjangan dari uji kompetensi guru tahun 2015 digunakan untuk pemetaan. Sempat ada kekhawatiran bahwa hasil UKG nantinya untuk mengevaluasi tunjangan profesi guru.

Kembali ke topik ya, yaitu pengalaman bu Linna dalam melaksanakan UKG. Rabu, 10 November 2015 bertepatan dengan hari pahlawan ini, bu Linna ikut UKG. Dari SMP Negeri 1 Cluwak, di sesi ketiga ini, bu Linna sendirian. Bu Linna berangkat ke tempat uji kompetensi (TUK) di SMP N 2 Pati sendirian. Diwarnai suasana mendung, para peserta UKG menunggu antrian sesi ketiga.




Tepat pukul 13.30 WIB kami masuk ke TUK bersiap melaksanakan UKG. UKG kurang lebih sekitar 3 jam. Namun, pelaksanaan menjawab soal UKG asli butuh waktu 2 jam. Soal yang keluar juga jauh dari perkiraan dan kisi-kisi.

Soal bahasa Jawa, yang keluar banyak yang berisi pengetahuan umum, seperti nama-nama pengarang. Hmmm, jujur bu Linna tak begitu tahu dengan nama-nama pengarang novel dan antologi geguritan di jaman sekarang. Soal umum tersebut sekitar 10 soal. Soal profesional sebanyak 56 butir hanya bisa bu Linna kerjakan 37 saja. 

Hasil ini memang jauh dari sempurna dan amat sangat jelek. Namun, moga saja ini bisa jadi cambuk agar bu Linna bisa belajar lebih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar