Kamis, 03 Desember 2015

Inilah Cara Mudah Menghafal 11 Tembang Macapat dengan Membuat Cangkriman

Assalamu'alaikum pecinta kebudayaan Jawa. Kali ini saya posting dengan bahasa Indonesia ya, untuk mempermudah pecinta budaya Jawa yang memang belum menguasai bahasa Jawa. Posting kali ini, bu Linna akan memberikan cara gampang menghafal judul tembang Macapat.

Membuat cangkriman wancah dari judul tembang macapat adalah cara paling mudah bagi kita untuk mengingat 11 judul tembang macapat. 

Cangkriman wancah adalah menyingkat kata-kata. Nah, sebutan kerennya adalah membuat jembatan keledai. Dari 11 tembang macapat, kita urutkan dari tembang macapat yang memiliki gatra (baris) tersedikit ke terbanyak.


Tembang macapat yang memiliki gatra (baris) paling sedikit adalah Maskumambang yang memiliki 4 gatra (baris). Sedangkan Dandanggula memiliki jumlah gatra (baris) terbanyak yaitu 10 gatra. Bagaimana urut-urutannya tembang macapat berdasarkan jumlah baris?

Yang pertama adalah Maskumambang (4), Pocung (4), Gambuh (5), Megatruh (5), Mijil (6), Kinanthi (6), Durma (7), Pangkur (7), Asmaradhana (7), Sinom (9), dan terakhir Dhandanggula (10).

Kesebelas urutan tembang macapat berdasarkan jumlah gatra tersebut mari kita wancahkan atau singkatan atau dibuat cangkriman jarwadhosok

Mas - pocung - ga -truh -mi - nanthi - du - pang -kasmaran - si - dhandang

Diatas adalah hasil dari kita membuat cangkriman wancah dengan mengambil sedikit-sedikit elemen suku kata dari masing-masing judul tembang macapat. Dengan cara cepat dapat dihafal yaitu MASPOCUNGGATRUHMINANTHIDUPANGKASMARANSIDHANDANG.

3 komentar:

  1. Mohon informasi...
    Apakah benar bahwa salah jika nembang macapat menggunakan teknik falset?
    Terima kasih...

    BalasHapus
  2. Mohon informasi...
    Apakah benar bahwa salah jika nembang macapat menggunakan teknik falset?
    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepemahaman saya, nembang macapat sudah ada paugerannya yaitu guru lagu, guru wilangan, dan guru gatra

      Hapus