Senin, 20 April 2015

TENTANG AKU

Assalamua'alaikum...
sugeng rawuh...
Tak banyak hal menarik yang bisa digali dari aku. Aku hanya seorang ibu rumah tangga yang menjalani karir sebagai PNS di salah satu SMP di wilayah Kabupaten Pati. Aku lahir dari sepasang suami-istri dari keluarga sederhana. Bapak dan ibu sama-sama pedagang di Pasar Tayu (pasar yang ada di Kecamatan Tayu). Lahir pada 6 Juni 1987. Perjalananku sampai jadi sekarang tidaklah singkat. Penuh berjuangan dan pelajaran yang berharga.

Dimulai dari perjalanan pendidikanku ya? Aku bersekolah di SD N 1 Tayu Wetan 1, ketika itu prestasiku sedang-sedang saja. Peringkatku 10 besarlah. Ketika lulus SD, orang tua menghendaki supaya aku sekolah di pesantren karena nilaiku di sekolah diniyah gak kalah jelek. Aku sering mendapat juara 1. Namun, berhubung aku ingin sekolah dengan teman-temanku waktu SD, aku menolak. Akhirnya orang tua pun menyutujui aku sekolah di SMP. Aku melanjutkan di SMP N 1 Tayu. Di sana, peringkatku juga biasa-biasa saja, tiap tahun ikut 10 besar. Selama sekolah di sana, aku selalu berada di kelas unggulan.

Menginjak kelulusan, jujur ketika itu aku berada pada masa puber. Malas belajar dan lebih banyak bermain. Terbukti ketika pengumuman hasil Ujian Nasional, NEMku hanya 42,57. Aku ketika itu menyesali perbuatanku karena malas. Padahal waktu itu aku juga punya mimpi untuk bersekolah di SMA paling favorit di Pati, yaitu SMA N 1 Pati. Pendaftaran siswa baru dibuka, dengan modal nekat aku pun ikut mendaftar bersama temen-temen sekelasku. Kami berangkat sekitar 20 orang dari Tayu menuju SMA 1 Pati. Nem terendah dari temen-temenku yang berangkat ada 5 orang termasuk aku. Ketika hari terakhir pendaftaran aku sungguh-sungguh berterimakasih, sebab kami berdua puluh semuanya diterima.

Masa SMA aku jalani penuh dengan kebahagiaan. Betul memang masa SMA masa paling bahagia. Peringkatku selalu 5 besar. Aku selama 3 tahun dapet beasiswa dan cukup untuk nambah uang jajan. Aku lulus dengan nem 25,51 cukup baik lah dengan nilai yang tidak ada yang 7. Aku mulai mendaftar ke perguruan tinggi. Ikut SPMB dan Alhamdulillah diterima di Universitas Negeri Semarang. Masa kuliah aku lampaui hanya 3 tahun 5 bulan. Itu pun ketika masa skripsi q sudah bekerja di SD Islam Al Azhar 25 Semarang sebagai guru bahasa Jawa.

Ijazah pun sudah ditangan dan aku masih di Al Azhar. Namun, keinginan untuk menjadi PNS muncul. Akhirnya, aku mengundurkan dari Al azhar dan ikut tes CPNS. Ketika itu aku cuma modal nekat mengundurkan diri. Padahal di sana gajiku sudah lumayan. Surat pengunduran diriku dibalas dan aku diminta tetap sampai tengah akhir tahun pelajaran. Ketika mengikuti tes cpns posisiku di Al azhar sudah tidak wajib. Akhir tahun, keluar pengumuman cpns, dan Alhamdulillah aku diterima. Aku termasuk 5 orang yang mengalahkan 45 orang peserta lainnya. Jujur sejujur-jujurnya dan demi Allah, aku lolos 100% tanpa mengeluarkan uang sepeserpun.

Sampai akhirnya pada tahun 2010 aku mulai bekerja di SMP N 1 Cluwak sampai sekarang. Hingga punya suami Agus Suryana, ST dan putraku Arsakha Abid Nararya. Semua memang karena doa dari Ibuku...
Begitulah kisahku, dan selamat membaca blogku ya...

2 komentar:

  1. Salam kenal, Mbak.

    Senang membaca postingan milik, Mbak. Sangat bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahagia jika tulisanku bermanfaat buat orang lain..terima kasih sudah mampir..

      Hapus