Rabu, 05 Oktober 2016

Belajar dari Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Generasi muda sekarang pasti tak asing dengan yang namanya IT. Iya lah? Bahkan anak berumur 2 tahun saja sudah tak kagok memainkan smartphone milik orang tuanya. Termasuk jagoan kecilku yang berumur 4 tahun belajar dan bermain game lewat smartphone tanpa ada kesulitan. Namun, sebagai orang tua harus tetap memberi batasan-batasan. Tak bisa dipungkiri lagi hebatnya pengaruh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini.


Sebagai seorang pendidik alias guru, aku pun tak mau kalah dengan anak-anak muda sekarang. Secara, aku pun belum terlalu tua dan masih tergolong muda yang bisa dijadikan teman oleh murid-muridku dan harus bisa menempatkan diri diantara pergaulan anak jaman sekarang. Apa sih yang bisa kulakukan demi kemajuan Indonesia dengan adanya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi?


Jawabannya adalah "Buanyaaaaak". Salah satunya adalah penerapan IT dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Kebetulan sebagai seorang guru bahasa Jawa, aku pun harus membuat sesuatu yang menarik ditiap materi yang kusampaikan. Salah satunya adalah pemakaian media ataupun sumber belajar yang kekinian.


Apa sih contohnya? Bahasa Jawa sekarang ini sudah sedikit tergeser oleh bahasa lain. Orang Jawa sekarang bahkan lebih menganggap bahasa asing mudah dipelajari daripada bahasa Jawa. Untuk itu, aku memberi kemudahan bagi muridku dengan membuat sumber belajar yang bisa mereka akses dimanapun dan kapanpun mereka berada. Yup, sebuah blog. Blog itu aku tulis untuk kepentingan mengajar dan berbagi informasi lainnya. Materi-materi yang kutulis di blog tersebut bisa digunakan sebagai sumber belajar yang kekinian ditengah maraknya anak muda yang tak bisa lepas dari yang namanya gadget. Alih-alih bermain gadget, mereka bisa membuka blog untuk mencari tugas atau belajar.



Bermain gadget tak lepas dari pengaruh media sosial seperti facebook, BBM, Instagram, dan banyak lagi. Dengan maraknya medsos tersebut, aku pun tak mau ketinggalan dengan memanfaatkannya dalam pembelajaran. Melalui aktivitas murid berinteraksi sosial lewat facebook, mereka membuat geguritan (puisi Jawa) dan harus diposting ke facebook dengan hastag tertentu. Jadi, teknologi informasi yang lekat dengan anak muda sekarang ini pun bisa digunakan sebagai media pengumpulan tugas belajar. Memanfaatkan hobi anak bermain media sosial untuk mengirimkan tugas pun membuat mereka antusias.



Tak hanya itu, perkembangan IT mendorongku sebagai seorang guru untuk meningkatkan kompetensi dengan berinovasi dalam pembelajaran. Membuat media pembelajaran yang menarik adalah salah satunya. Media pembelajaran yang bisa membuat suasana kelas lebih hidup. Seperti penayangan film, presentasi power point dengan menyisipkan soal-soal yang bisa mereka kerjakan dan masih banyak lagi.









Generasi muda adalah aset kemajuan Indonesia. Untuk itu, sebagai seorang guru, kreatifitas memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi kulakukan lewat pembelajaran. Dengan pembelajaran yang menarik, inovatif, dan kekinian diharapkan tercipta para penerus bangsa yang akan memajukan Indonesia di era perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat.

2 komentar:

  1. Proses belajar mengajar sekarang dengan menggunakan teknologi sangat memudahkan. Itulah manfaat teknologi

    BalasHapus
  2. Betul sekali pak..kita sebagai guru harus pandai memanfaatkannya..karena murid sekarang pun tak bisa lepas dr IT..

    BalasHapus