Selasa, 20 November 2018

Ini Alasanku Kenapa Menulis Blog

Semangat pagi...Tetap semangat menjalani hari ke-20 di bulan November ini. Ini adalah post pertamaku dalam rangka ikut BPN 30 Day Blog Challenge. Semoga tetap bisa konsisten nulis hingga hari ke-30.



Tema pertama dalam tantangan ini yaitu alasan kenapa sich kok aku menulis di blog? Hmmm... kenapa ya aku suka menulis di blog? Kapan ya aku mulai mengenal blog? Dan apa sich yang kutulis?Penasaran??? Yuk cuzz baca ceritaku!!!

Kapan Aku Mengenal Blog?

Sebagai seorang guru bahasa, ketrampilan menulis memang wajib dimiliki. Dari dulu masih sekolah, hobi banget menulis cerita pendek di buku tulis bahkan dikertas-kertas. Menginjak masa kuliah mulai senang menulis puisi atau geguritan. Hobi menulis ini makin menjadi-jadi ketika aku sudah terjun ke dunia kerja. Dan bersyukur sekali mengenal blog ini.

Pertama kali mengenal blog adalah pada tahun 2012. Ketika itu aku ditugasi oleh instansi tempatku mengajar untuk mengikuti pelatihan pembuatan media pelajaran menggunakan media blog. Duh, happy banget dapat kesempatan menimba ilmu baru. Dalam pelatihan tersebut dilatih bagaimana cara membuat hingga posting artikel ke dalam blog yaitu blogspot. Ilmu yang kudapat memang sekedar membuat dan posting saja tanpa lain-lain. 

Namun, sangat terbantu sekali mengenal media blog ini. Hobi menulis yang selama ini sudah mendarah daging akhirnya mendapatkan tempat. Blog pertama yang kumiliki adalah blog ini dengan alamat omahelinna.blogspot.com. Karena semakin cinta dengan blog, akhirnya browsing tentang apa saja yang bisa dilakukan oleh media ini. Makin tahu cara ganti template, menambah post populer, label, dan masih banyak lagi. 

Apa Sich yang Kutulis?

Tulisan pertamaku mengenai materi pelajaran yang kuampu. Dan masih konsisten hingga beberapa tahun. Hingga makin penasaran bagaimana caranya mengoptimalisasi blog ini. Blog ini kemudian migrasi ke sinaujawa.com dengan tema yang kutulis memang kebanyakan adalah materi pembelajaran. Agar blog ini makin banyak yang melirik, akhirnya aku mulai sedikit meninggalkan tema blog pembelajaran dan beralih menjadi blog gado-gado. 

Alasan Menulis Blog

Semangat menulis blog makin menggebu meski hanya di waktu luang saja. Aku memang bukan 100% blogger karena aktivitas utamaku sebagai guru. Aku menulis blog di sela mengajar dan ketika si kecil terlelap dalam tidur.

Menulis melalui blog itu bagaikan menemukan tempat berbagi rasa. Blog adalah salah satu tempat mencurahkan hati yang berharga buatku di era digital ini. Menulis apa yang kuketahui, berbagi informasi, dan memamerkan karyaku.





2 komentar:

  1. Blog memiliki banyak manfaat bagi kita ya, Mba. Baik sebagai diri maupun profesi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget mbak.. Moga tetap konsisten nulis mbak.. Cayooo..

      Hapus