Selasa, 29 Mei 2018

Tahukah Anda, 28 Mei adalah Hari Kebersihan Menstruasi

Mari kita mencoba mengingat pelajaran IPA Biologi ketika sekolah dulu. Apakah menstruasi itu? Berdasarkan pemahamanku selama sekolah dulu, menstruasi terjadi dikarenakan sel telur yang tidak dibuahi, jadi lapisan dinding rahim yang mengandung banyak pembuluh darah luruh. Semoga pemahamanku betul ya?

www.pexel.com
Nah, jika menurut website kesehatan aladokter.com, menstruasi adalah lapisan dinding rahim yang menebal luruh sebagai akibat dari tidak ada pembuahan dari sel telur. Lalu, berapa normalkah siklus bulanan menstruasi itu? Umumnya, siklus menstruasi terjadi 23-28 hari. Lama hari menstruasi juga tergantung pada kondisi perempuan. Aku pribadi mengalami siklus menstruasi tiap 30 hari sekali dengan jangka 5-7 hari. Kalau anda berapa? Pasti memiliki jawaban yang berbeda-beda, karena tiap wanita memang memiliki kondisi tubuh yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya.

Kenapa kali ini aku membahas tentang menstruasi? Tahukan anda, bahwa kemarin yaitu tanggal 28 Mei adalah Hari Kebersihan Menstruasi. Hari Kebersihan Menstruasi? Kok baru dengar ya? Itu pun yang aku ungkapkan pertama kali ketika membaca status dari media sosial Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kemarin, seluruh media sosial dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyosialisasikan tentang hari kebersihan menstruasi tersebut. Bisa dicek dech di medsosnya. Dalam menyosialisasikan hari menstruasi tersebut, Kemendikbud membagikan mitos dan fakta tentang menstruasi. Jujur sejujur-jujurnya, informasi tersebut membuka mataku. Oooo, ternyata apa yang selama ini aku anggap benar, menurut Kemendikbud hanya mitos. 

Nah, apakah mitos dan fakta seputar menstruasi yang disosialisasikan oleh Kemendikbud tersebut, berikut ulasannya.

  • Keramas
Tidak boleh kramas saat menstruasi

Betul tidak ya, saat menstruasi keramas tidak boleh? Faktanya, saat menstruasi perempuan justru harus selalu menjaga kebersihan tubuhnya, termasuk membersihkan rambut. Rambut bersih justru mampu meningkatkan kepercayaan diri. Aku pribadi ketika menstruasi tetap keramas. Fakta ini aku setuju banget, saat menstruasi bukan jadi alasan untuk tampil klemprot. Hehehe...

  • Minum Soda
Minum Soda Mempercepat Menstruasi

Hal satu ini ikut menjadi perhatianku juga saat menstruasi. Takut terjadi sesuatu, jadi ketika menstruasi aku pun menghindari minuman bersoda. Namun, faktanya belum ada penelitian yang membuktikan minuman bersoda dapat mempercepat menstruasi. Minuman tersebut hanya dapat membuat seseorang lebih segar. Akan tetapi tidak disarankan mengonsumsi minuman bersoda ini secara rutin lho. Apalagi dalam jangka waktu yang panjang karena dapat mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh. Nah, mau minum soda saat menstruasi? Silahkan pilih ya? Kalau aku pribadi, milih tidak minum meski dalam kondisi menstruasi ataupun tidak. Namun, sesekali bolehlah minum soda.

https://web.facebook.com/Kemdikbud.RI/

  • Menggunting Kuku dan Memotong Rambut

Tidak Boleh Menggunting Kuku dan Memotong Rambut saat Menstruasi

Benarkah memotong rambut dan menggunting kuku saat menstruasi tidak boleh? Yang aku pahami sejak dulu sekolah memang tidak boleh oleh agama. Tapi kebenarannya pun aku tak paham. Aku hanya menjalankan apa yang baik saja. Dan menurutku memotong rambut dan kuku saat menstruasi tidak mengganggu aktivitas harian. Namun, fakta yang diungkapkan oleh Kemendikbud bahwa memotong kuku dan rambut merupakan bagian dari menjaga kebersihan tubuh dan dapat dilakukan kapan saja, termasuk pada saat menstruasi. Silahkan pembaca, percaya yang mana? Semua kembali pada kepercayaan masing-masing ya...

  • Dilarang Makan Daging dan Ikan

Dilarang Makan Daging dan Ikan Ketika Menstruasi

Faktanya, mitos ini justru berakibat buruk bagi kesehatan para perempuan. Kenapa? Karena saat menstruasi, perempuan memerlukan zat besi. Perbanyak asupan makanan dengan kandungan gizi dan protein pada saat menstruasi, seperti sayuran, ikan, telur, dan daging akan lebih baik. Setuju banget dengan fakta ini. Kenapa? Iyalah, saat menstruasi itu momen dimana tubuh berasa tak bergerak sesuai kehendak kita. Jadi, betul banget jika asupan makanan bergizi membantu kita mengembalikan semangat saat menstruasi.

  • Tidak Boleh Beraktivitas

Tidak Boleh Banyak Beraktivitas saat Menstruasi

Duh, jika aku tidak boleh beraktivitas saat menstruasi, hidup ini tidak akan asyik lagi dong. Heheheh..... Faktanya, perempuan yang sedang menstruasi bebas beraktivitas secara biasa seperti pada kondisi normal. Namun, disarankan untuk membawa pakaian dalam dan pembalut cadangan, agar ketika beraktivitas tetap nyaman dan menyenangkan.

Kembali Ke diri Kita 

Setelah mengetahui mitos dan fakta menurut Kemendikbud, apakah dapat mengubah pandangan kita tentang kebiasaan saat menstruasi? Aku pribadi, sebagian setuju, sebagian pula masih yakin dengan apa yang aku lakukan saat menstruasi. Jadi, intinya kembali ke diri kita. Silahkan mau mempercayai yang mana. 

Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Ada beberapa mitos dan fakta yang menimbulkan kegalauan atau perdebatan. Sekali lagi, semua kembali ke diri kita masing-masing. Terimakasih sudah mampir.


source: https://web.facebook.com/Kemdikbud.RI/



4 komentar:

  1. Saya juga sempat jadi "korban" mitor menstruasi ketika mens pertama kali, heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu aku juga gitu mbk, maklum masih bau kencur, ketika mens datang, ya ga keramas seminggu, alhasil rambut bau penguk.. Hehehe...

      Hapus
    2. sekarang sudah nggak bau penguk lagi kan Mbak? hehehe

      Hapus
    3. Sekarang selalu wangi sepanjang hari ... Hehehe...

      Hapus