Mudahnya Screenshot Pakai Snipping Tool

Assalamu'alaikum pembaca setia blog sinaujawa. Pembaca setia mungkin agak bertanya-tanya. Kenapa akhir-akhir ini posting yang kutulis tak melulu soal sinau basa Jawa? Itu karena beberapa alasan saja. Aku ingin blog ini beralih menjadi blog sharing pengalaman dan ilmu saja. Semoga apapun yang kutulis bermanfaat bagi pembaca.

Nah, kali ini mau berbagi ilmu sedikit. Seorang blogger atau guru biasanya membutuhkan suatu gambar dari tangkapan layar. Tak jadi masalah jika gambar berasal dari tangkapan layar smartphone. Pastinya blogger atau guru zaman now sudah tahu caranya apabila melalui smartphone. Nah yang jadi pertanyaan, bagaimana cara menangkap gambar dari layar komputer atau laptop? Mau tahu jawabannya? Baca lagi ke bawah sampai habis ya... 😀



Mungkin ada sebagian pembaca sudah mengetahui cara ini. Tapi tidak jadi masalah kan, jika aku berbagi tutorialnya di sini. Dulu, sebelum mengenal tool ini, aku menggunakan fungsi keyboard Ctrl + Prt Sc SysRq secara bersamaan dan copy paste ke paint, baru simpan dalam bentuk PNG atau JPG. Tapi setelah mengenal Snipping tool, pekerjaan menangkap gambar dari layar laptop serasa jauuuuh lebih mudah. 

Penasaran kan sama tool ini? Yuk simak tutorialnya....

  • Pertama buka my computer
Kenapa buka my computer? Jawabannya untuk mempermudah kita mencari si alat ini. Lewat my computer kita bisa mencari semua file, program, atau apapun yang tersimpan dalam laptop atau komputer.


  • Kedua, ketikkan "Snipping Tool" dalam kolom Search
Langkah selanjutnya adalah ketikkan "Snipping Tool" dalam kolom search di pojok kanan laptop atau komputer. Tunggulah beberapa saat ya kawan, nanti akan keluar si "Snipping Tool" yang kita cari.


  • Ketiga, tampilkan Snipping Tool di Taskbar
Langkah ketiga adalah menampilkan Snipping Tool ke Taskbar. Caranya adalah klik kanan Snipping Tool, pilihlah "Pin To Taskbar". Dengan menampilkan Snipping Tool di Taskbar akan mempermudah kita jikalau memerlukan si alat ini.


  • Keempat, saatnya mencoba "Snipping Tool"
Langkah selanjutnya kita bisa menggunakan Snipping Tool ini untuk menangkap layar. Caranya cukup klik Snipping tool yang ada di Taskbar. Akan keluar menunya, pilihlah New. Kemudian keluar tanda (+). Selanjutnya, klik dan drag sesuai keinginan. Mudahkan?



Nah, semoga tutorial yang aku kasih di atas dapat bermanfaat bagi pembaca. Kita sekarang tak perlu lagi menggunakan berlangkah-langkah lagi jika ingin mendapatkan tangkapan layar dari laptop. Cukup klik dan drag, jadi dech 😉.... Terima Kasih 😊




No comments:

Post a Comment