Kamis, 08 Oktober 2015

Tradisi "Tilik Haji"

Masih bulan haji jadi kali ini saya akan menulis tentang tradisi "tilik haji". Tradisi ini mungkin hanya di daerah Jawa Tengah. Kota-kota besar mungkin tak mengenal tradisi "tilik haji".

Tilik haji dilakukan dua kali yaitu ketika mau berangkat ke tanah suci dan pulang ke tanah air. Sebelum berangkat ke tanah suci, biasanya ada sederet acara yang disiapkan calon haji. Mulai pengajian hingga doa bersama agar diberi keselamatan dan kesehatan.

Tilik calon haji biasanya kita membawa buah tangan seperti gula, teh, mie dan lain sebagainya. Di rumah calon haji kita berdoa agar si calon haji diberi kemudahan menjalankan ibadah.

Tilik haji yang kedua yaitu ketika si haji sudah kembali dari tanah suci. Berbeda saat sebelum berangkat, saat tilik haji ini yang berdoa adalah si haji yaitu untuk mendoakan dan berterimakasih kepada orang yang telah mendoakannya ketika beribadah. Hal lain yang ada di tilik haji yang kedua adalah diberikannya oleh-oleh dari tanah suci. Itulah tradisi tilik haji yang ada di daerahku. Bagaimana daerah anda?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar