Jumat, 02 Oktober 2015

Pakai Batik Tak Hanya Pas Memperingati Hari Batik Nasional

Judul posting bu Linna memang betul kan? Memakai pakaian atau pernak-pernik berbau batik tak harus pas hari batik nasional. Hari ini tepatnya 2 Oktober 2015, Indonesia memperingati hari batik Nasional.

Tahun 2009 silam tepatnya 2 Oktober UNESCO mengakui bahwa batik adalah kekayaan dan warisan budaya dari Indonesia. Dengan pengakuan tersebut, kini tak ada lagi yang berani mengaku-aku bahwa batik adalah milik negara lain.

Batik sendiri di Indonesia ini identik dengan Solo, Jogja, dan Pekalongan. Namun, tak hanya tiga daerah tersebut yang memiliki batik. Kota-kota lain pun memiliki corak batiknya sendiri-sendiri. Bahkan, di kota kecil seperti tempat tinggal bu Linna yaitu Pati, memiliki batik khas daerah. Batik tersebut adalah batik bakaran.

Dulu, batik identik dengan orang keraton atau pejabat. Namun sekarang ini berbagai kalangan bisa memakai batik. Mulai dari pegawai, pelajar, pedagang, atau siapa pun sekarang bisa memakai batik. Harganya pun ada yang murah berkisar sekitar Rp 20.000,-.

Senang dan bangga rasanya jika memakai batik. Terlihat cantik, elegan, dan berkelas. Bagaimana dengan anda? Pakai batik tak hanya pasa memperingati hari batik nasional kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar