Jumat, 18 September 2015

MENGENAL JAWA TENGAH

Posting kali ini bu Linna akan menulis tentang seputar Jawa Tengah. Provinsi yang berada di tengah-tengah pulau Jawa. Jawa Tengah memiliki banyak kabudayaan mulai dari tarian, lagu daerah, rumah adat, dan sebagainya.

Jawa Tengah juga memiliki kuliner yang beranekaragam di tiap Kabupaten dan daerahnya. Untuk mengenal lebih dekat lagi, berikut akan bu Linna uraikan.

1. Tarian

Jawa Tengah memiliki tarian Bambangan Cakil (mengisahkan perang Srikandi lan Buta Cakil). Selain Bambangan Cakil ada tarian Serimpi yang mengisahkan tarian kuno keraton yang memiliki gerakan halus, agung, dan berwibawa. Tari Kendalen yang mengisahkan prajurit gagah dan berani berperang.

2. Lagu Daerah

Jawa Tengah memiliki lagu daerah seperti gundhul-gundhul pacul, gambang suling, suwe ora jamu, lir-ilir, dan masih banyak lagi.

3. Suku

Ada sekitar tiga suku yang bu Linna tahu berada di Jawa Tengah yaitu suku Jawa, Samin, dan Karimun. Ada juga para pendatang dari luar daerah.

4. Rumah Adat

Rumah adat orang Jawa Tengah adalah Joglo.

5. Pakaian Adat

Pakaian adat Jawa Tengah adalah beskap dan kebaya. Namun, ditiap daerah sekarang ini memiliki batik khas seperti batik Kudus, Pekalongan, Bakaran-Pati, Semarang, Lasem, dan lain-lain.

6. Makanan Khas

Makanan khas juga beraneka ragam, di Pati ada nasi gandul, Kudus ada Soto Kudus, ada Lumpia, bandeng presto, mangut pindang manyung, tempe mendhowan, dhawet Banjarnegara, dan masih banyak lagi.

Demikian beberapa informasi yang bu Linna ketahui tentang Jawa Tengah. Semoga postingan ini bermanfaat.

3 komentar: