Minggu, 06 September 2015

ASAL-USUL SENDANG SANI (INDONESIA)

Bu Linna sudah pernah menulis tentang asal-usul sendang sani versi bahasa Jawa. Namun, karena suatu hal, bu Linna simpan dulu pos tersebut. Kali ini, akan bu Linna posting ulang, tetapi dalam versi bahasa Indonesia.

Sendang Sani adalah salah satu tempat yang ada di Kabupaten Pati tepatnya di Kecamatan Tlogowungu. Asal Mula Sendang Sani ini ada dua versi. Versi pertama mengatakan bahwa tokoh utama adalah Sunan Kalijaga, sedangkan versi kedua adalah Sunan Bonang.

Diceritakan bahwa suatu hari Sunan Kalijaga, Ki Rangga, dan para santrinya akan berkunjung ke Sunan Muria. Karena sudah masuk waktu Dzuhur, para rombongan pun berencana untuk sholat dan mencari air wudhu. Ketika itu rombongan sudah sampai di Kadipaten Pesantenan (Pati dahulu).

Sunan Kalijaga memandang para muridnya yang kebingungan mencari air wudhu yang diminta Sunan. Beliau pun berkata, "Berdoa saja pada Allah SWT supaya di bawah pohon besar itu keluar sumber air." Mendengar perkataan sang Sunan tadi, Ki Rangga dan Para Santri semakin bingung.


Sunan Kalijaga kemudian beranjak dan akan pergi ke suatu tempat. Beliau berpesan pada Ki Rangga dan para santrinya untuk menunggu dan segera melapor jikalau ada kejadian apapun ditempat tersebut. Sunan Kalijaga pun pergi meninggalkan Ki Rangga dan para santri.

Sepeninggal Sunan Kalijaga, Ki Rangga dan para santri tertidur di bawah pohon besar tempat mereka beristirahat. Mereka terbangun karena tiba-tiba seluruh badan basah kuyup. Seperti apa yang dikatakan Sunan Kalijaga, di bawah pohon tersebut keluar sumber airnya. Karena udara yang sangat panas, Ki Rangga dan para santri pun langsung mandi di sumber tadi. Mereka lupa akan pesan Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga kembali dan melihat para santrinya sudah mandi di sumber air. Beliau pun sedikit marah dan berkata, "Ki Rangga, kamu lupa akan pesanku? Jika ada kejadian apapun segeralah beritahu aku. Malah pada mandi seperti bulus."

Diceritakan juga Ki Rangga dan Para santri tadi akhirnya berubah menjadi bulus. Sunan Kalijaga akhirnya melanjutkan perjalanan ke Sunan Muria. Tempat sumber tadi diberi nama sendang sani. Sendang artinya sumber air, sani artinya bekas atau sisa. Jadi, Sendang Sani adalah sumber air yang sudah bekas atau tidak suci lagi.

sumber: widga17.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar