Kamis, 22 November 2018

Dibalik Nama Sinaujawa.com

Day 3


Alhamdulillah sudah hari ketiga tantangan BPN 30 Day Blog Challenge. Di hari ketiga ini masih semangat menulis lho, meski nulisnya nyolong-nyolong. Yup, nyolong disela mengajar. Tetap halal kan ya, nyolongnya ga berupa barang atau uang. Hehehehe...



Dihari ketiga ini siap untuk nulis dengan tema kenapa blog ini kuberi nama sinaujawa.com. Hmmmm, cerita yang sangat lumayan panjang, tapi tenang akan aku ceritakan tuntas di post kali ini.

Dulu, blog ini masih berdomain blogspot.com belum memiliki domain berbayar yaitu .com. Ketika masih berdomain blogspot.com traffic blog tidak seramai sekarang. Pendapatan dari adsense amat sangat kecil sekali. 

Suatu hari, aku ikut lomba blog di BTIKP Provinsi Jawa Tengah. Disana otomatis ketemu dengan guru blogger. Sharring pengalaman dan ilmu. Banyak sekali ilmu yang kudapat dari lomba blog tersebut. Salah satunya adalah tertarik menambah traffic blog dengan mengubah domain menjadi .com.

Kala itu bingung mau memberi nama apa pada blog ini. Karena 80% isi blog adalah tentang materi pembelajaran bahasa Jawa, maka aku putuskan untuk memberi nama blog ini sinaujawa.com. Blog ini memang semula aku tujukan untuk para murid dan para rekan guru bahasa Jawa yang membutuhkan materi pembelajaran.

Berhasillah aku migrasi dari omahelinna.blogspot.com ke sinaujawa.com. Kala itu perjalanan juga ga begitu mulus, karena dengan migrasi aku harus pamit lagi ke google adsense menjadi akun non hosted. Butuh waktu cukup lama juga buatku untuk mengembalikan traffic. 

Namun, sekarang sinaujawa.com telah bermetamorfosis menjadi blog gado-gado. Blog ini menjadi blog sinau bareng dalam segala hal. Dengan menjadi blog gado-gado, sinaujawa.com memiliki traffic yang lumayan dibanding sebelumnya. 


5 komentar:

  1. page viewnya wow banget mbak. pingin bisa kayak gitu juga.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Dalam bahasa Jawa sinau sendiri itu sinau dhewe . Sedangkan nama blog ini sinau bareng yang artinya kita sama2 belajar bersama ..

      Hapus
  3. Namanya sangat unik, sinau jawa... :)

    BalasHapus