Rabu, 11 Juli 2018

Cilok Rumahan Murah, Enak, dan Bergizi

Assalamu'alaikum.. Ketika berkumpul dengan keluarga, hal yang paling sering dilakukan adalah saling bercerita alias curhat sembari ngemil. Betul tidak? Nah, camilan yang kerap kusajikan ketika berkumpul dengan suami dan anak-anak adalah gorengan. Suamiku paling hobi makan gorengan terutama bakwan. Bahkan, hobi makan bakwan tersebut kini turun ke anak-anak kami. Mereka juga senang makan bakwan. Jadi, sang mama ini kalau masak harus ada gorengan bakwan sayur.

Namun, kali ini sang suami tercinta request menu camilan lain. Suamiku pengin makan cilok. Wuaduuuh cilok? Putar otak lah, soalnya belum pernah bikin camilan satu ini. Akhirnya tanya dech dengan si mbah yang tahu segalanya. Yup, aku tanya mbah google. Setelah resep kusimpan, mulai eksekusi. Kebetulan semua bahan tersedia didapur, kecuali tepung sagu. Si suami tercinta dengan senang hati pun pergi untuk membeli si tepung. Mulai dech bikin cilok ala mama Linna. Apa saja bahannya? 

Bahan Cilok

  • Tepung terigu (aku pakai 5 sendok makan);
  • Tepung sagu (aku pakai sagu tani, 5 sendok makan);
  • air hangat

Bumbu Cilok

  • Merica
  • Bawang putih (aku pakai 2 siung)
  • Daun bawang
 

Cara Membuat

1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menguleg bawang putih, merica, dan garam secukupnya sampai halus;

2. Campur jadi satu tepung terigu dan sagu ke satu tempat;


3. Beri bumbu halus ke campuran tepung;


4. Tuang air hangat sedikit-sedikit sambil diuleni, hingga seperti gambar;


5. Bulat-bulat sesuai selera;



6. Rebus cilok hingga melayang;



7. Angkat dan tiriskan;




Cilok rumahan siap disantap menemani hari keluarga. Cocok sekali disajikan dengan segelas wedang markisa atau teh. Semoga cilok rumahan murah, enak, dan bergizi ini cocok menemani hari keluarga anda. Cilok ini rasanya tidak kalah sama abang-abang yang jual di jalan lho.. Sajikan dengan kecap saja sudah enak. Selamat mencoba dan menikmati. 




2 komentar:

  1. Waah gampang ya mbaak. Jadi pengen nyoba bikin cilok. Makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    BalasHapus