Selasa, 04 Agustus 2015

CATATAN AKREDITASI

Kali ini saya tak akan membahas materi bahasa Jawa. Ini catatanku ketika disupervisi oleh assesor akreditasi tadi pagi. SMP N 1 Cluwak di visitasi oleh assesor akreditasi terhitung sejak kemarin 3 Agustus 2015.

Perjuangan melelahkan untuk persiapan akreditasi dinilai sejak kemarin. Mulai dari standart isi hingga standar pengelolaan disiapkan secara maksimal. Kita pun lembur hampir 1 minggu penuh. Terutama para koordinator dan Kepala Sekolah.

Saya menjadi salah satu anggota standar proses.Saya membantu semaksimal mungkin yang saya bisa. Saya ketiban sampur untuk disupervisi. Entah apa yang menjadi acuan kepala memilih saya. Karena saya bukan guru mapel nas, juga bukan pula guru berprestasi terbaik.

Masih banyak seharusnya yang dipilih selain saya. Tapi tak apalah, tanggung jawab ini aku jalani. Persiapan pun sudah matang. Jam ke-3 pelajaran aku mulai disupervisi, materi yang kupilih membaca pemahaman. Kelas berjalan aktif. Interaksi pun berlangsung dua arah (masih menurutku). Sekitar satu jam pelajaran aku disupervisi.

Kini saatnya konfirmasi dengan assesor tentang penampilanku tadi. Dua catatan yang kudapatkan. Pertama jangan menanyakan tugas minggu lalu karena dianggap kita tak persiapan mengajar. Kuanggap ni kesalahan terburuk. Tapi juga pelajaran baru buatku. Kedua masalah penilaian dalam RPP belum lengkap. 

RPP keseluruhan dianggap bagus karena meski ada master dari MGMP, tetapi di sana-sini ada penambahan yang baik dariku. Seperti penggunaan media dan sumber belajar. Iya ku siapkan media dan sumber belajar online dari blog ini.

Pembawaan ketika mengajar sudah bagus. Interaksi bagus. Dan assesor ngendikan kalau cara bicara saya cepat dan lantang. Tak masalah kata beliau. Ragam krama perlu lagi ditambah saat pembelajaran. Finally, hasilnya kata beliau baguuus.

Namun, sepertinya memang secara tersirat mapel nas lah yang diharapkan disupervisi.
Tanggung jawab terselesaikan. Semoga hasil yang didapat juga memuaskan.

2 komentar:

  1. Blog ini ikut lomba di BPTI ya Mbak
    Selamat berlomba
    Salam kenal
    Saya salah satu jurinya

    BalasHapus