Jumat, 24 Oktober 2014

TIPS CARA GAMPANG MENGHAFAL AKSARA JAWA

Bagi sebagian siswa sekolah di Jawa Tengah yang mempelajari aksara Jawa, agak kesulitan. Posting kali ini saya mencoba memberikan beberapa tips bagaimana agar gampang mengingat sekaligus menghafal aksara Jawa. Berikut tipsnya buat kalian para pelajar di Jawa Tengah ataupun siapa saja yang kepingin belajar aksara Jawa.

  • Tips ini adalah tips klasik yang selama ini sudah diterapkan yaitu cobalah menghafal urutan aksara Jawa, dari Ha sampai Nga

  • Tips yang kedua, carilah aksara Jawa yang mirip tulisannya. Tips yang kedua ini yang dahulu saya pakai dalam belajar aksara Jawa. Nah, aksara yang mirip itu ada banyak lho, diantaranya sebagai berikut.
  1. Ha-La
  2. Ra-Pa-Ya-Wa-Ta
  3. Na-Da-Ka
  4. Sa-Ca
  5. Nya-Ba-Tha-Nga
  6. Dan yang terakhir adalah kumpulan huruf yang tidak mirip yaitu Dha, Ja, Ma, Ga
Demikian tips yang bisa saya kasih untuk kalian. Menghafal dan mengingat aksara Jawa menurut saya adalah penting. Karena itu sebuah langkah awal kita untuk melestarikan kebudayaan Jawa. Kalau bukan kita generasi muda Jawa, lalu siapa lagi. Kita berkaca pada orang jepang yang masih setia memakai huruf tradisionalnya, ataupun orang korea dan India. Semoga bermanfaat. Sampai bertemu di posting selanjutnya.

7 komentar: