Senin, 27 November 2017

Media Pembelajaran Berbentuk Komik: Patrapan Sanepa

Media pembelajaran sekarang ini harus ada dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran bisa berbentuk apa saja. Mulai dari yang sederhana sampai yang rumit. Metode ceramah tanpa diselipi dengan media pembelajaran kuranglah mengena di hati para peserta didik. Para generasi muda zaman "NOW" amatlah berbeda dengan generasi zaman "SEMONOW".

Generasi muda sekarang mununtut guru untuk kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran. Jika guru tak mampu mengikuti perkembangan zaman, maka mereka akan tertinggal dari muridnya. Karena mereka bisa belajar secara mandiri di rumah melalui gawai.



Karena tuntutan itulah, saya sebagai guru tak henti-hentinya selalu memikirkan ide segar membuat kegiatan belajar mengajar selalu diminati oleh siswa. Kali ini adalah membuat komik. Dulu saya pun pernah membuat komik unggah-ungguh basa.

Baca ini http://www.sinaujawa.com/2015/05/pacelathon.html

Kali ini melalui visualisasi gambar komik, saya mencoba membantu siswa memahami kawruh basa "Sanepa". Materi kawruh basa ini sudah pernah saya tulis dalam blog sinaujawa.com ini.

Baca ini http://www.sinaujawa.com/2014/09/sanepa.html

Komik penerapan sanepa ini saya buat melalui situs gratis pembuat komik www.toondoo.com. Situs pembuat komik gratis ini amatlah membantu saya yang tak bisa menggambar sendiri. Ini bukan kali pertama saya membuat media pembelajaran berbentuk komik. Penerapan sanepa dalam dialog ini saya visualisasikan sedemikian rupa agar para siswa lebih mudah memahami tentang sanepa.

Berikut adalah komik "Patrapan Sanepa Sajroning Pacelathon" yang saya buat melalui toondoo. Untuk membuat contoh komik lain, silahkan langsung saja menuju situs toondoo. Semoga contoh komik patrapan sanepa ini bisa membantu para guru dalam menyampaikan materi ke siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar